Aturan Kerja Praktek dan Magang Online Fakultas Ilmu Terapan

Aturan Kerja Praktek dan Magang Online Fakultas Ilmu Terapan

Dengan diterbitkannya surat edaran rektor mengenai Status Keadaan Darurat Corona Virus Disease (Covid-19) No: 045/SKR4/REK/2020, LKM menindaklanjuti mengenai Alur Pendaftaran KP Genap 19-20, Alur Pendaftaran Magang Ganjil 20-21, dan Alur Pengumpulan Berkas Magang FIT Telkom University.

KP ONLINE
MAGANG ONLINE
KP ONLINE

Program KP Genap 19-20 pada Fakultas Ilmu Terapan masih berjalan dan dibuka, dengan ketentuan perubahan tanggal pelaksanaan sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan KP dapat dimulai antara tanggal 15 Juni 2020 s.d 28 Agustus 2020. Pastikan bahwa KP anda sebanyak 30 hari kerja, jika ada libur harus diganti kepada hari lain.
  2. Pendaftaran KP di buka pada tanggal 16 Maret 2020 s.d 15 Juli 2020.

DISCALIMER :  Alur KP Online ini berlaku hanya dalam keadaan mendesak seperti penyebaran virus Covid-19, yang menjadikan layanan onsite sulit dilakukan. Apabila keadaan telah membaik maka aturan KP Online ini tidak berlaku dan kembali kepada aturan biasa.

Alur KP ONLINE

  1. Mahasiswa menghubungi perusahaan secara tidak langsung atau langsung untuk bertanya mengenai ketersediaan lowongan KP untuk mahasiswa. Mahasiswa bisa mencari data perusahaan secara online.
  2. Mahasiswa melengkapi form pendaftaran KP online pada tautan : http://bit.ly/PengajuanPengatarKPFITTelU , upload CV, transkrip nilai dari igracias (menu KHS>Lihat Nilai>Cetak Nilai Akhir>Tampilkan semua), dan KSM semester berjalan dari igracias (menu Registrasi> Arsip KSM).
  3. Mahasiswa menghubungi dosen wali melalui media penghubung seperti (WA, SMS, email) untuk memberitahu hal hal berikut :
    • Sampaikan salam dan Sebutkan NIM dan NAMA LENGKAP
    • mahasiswa akan KP di perusahaan X.
    • mahasiswa akan mulai KP pada tanggal X sampai tanggal X.
    • mahasiswa telah / belum mengambil MK KP pada semester berjalan atau semester sebelumnya.
  4. Dosen wali cek Transkrip Nilai dan KSM atau segala hal yang terkait persyaratan akademik dan kebijakan prodi sebelum melaksanakan KP agar tidak bentrok dengan perkuliahan, atau kegiatan akademik lainnya. Dosen wali memberitahu status persetujuan kepada mahasiswa bahwa pengajuan KP mahasiswa tersebut diterima atau ditolak oleh dosen wali.
  5. Dosen wali wajib mengirim email ke LKM
    Email : magang@tass.telkomuniversity.ac.id
    Subjek : KONFIRMASI PENDAFTARAN KP.
    email tersebut menyatakan bahwa pengajuan KP mahasiswa dengan NIM dan NAMA dan NAMA PERUSAHAAN diterima oleh dosen wali dan bisa LKM proses (bisa konfirmasi banyak mahasiswa dalam satu email, kami sarankan gunakan excel). Proses ini adalah pengganti tandatangan pada form pengajuan surat pengantar ke LKM.
  6. LKM memproses surat pengantar terhitung sejak konfirmasi email dari dosen wali telah terkirim ke email LKM. Surat pengantar yang diajukan setiap hari senin sampai jumat akan dikirimkan ke email mahasiswa terdaftar pada hari Senin minggu depannya.
    Rekap Pengajuan KP dan Pembimbing KP bisa dilihat pada tautan berikut : http://bit.ly/RekapPembimbingKpFIT
  7. Mahasiswa mengirimkan surat pengantar ke perusahaan melalui media pengiriman surat elektronik.
  8. Mahasiswa wajib memberikan surat penerimaan KP melalui OA LINE LKM (@kjt0595h) atau email LKM. Apabila Perusahaan Menolak, silahkan ulangi proses pengajuan KP kembali pada poin ke 1. silahkan kembali mengisi form online dan laporkan konfirmasi penolakan sesuai ketentuan dibawah ini kepada dosen wali dan LKM, sehingga dosen wali bisa mengirim persetujuan lagi ke email LKM.
    • Dari situs perusahaan, screenshot dan laporkan ke email LKM atau OA LINE LKM.
    • Dari email perusahaan, silahkan forward email tersebut ke email LKM.
  9. Mahasiswa melaksanakan KP sesuai kebijakan perusahaan baik datang onsite atau remote (Kerja di Rumah).
  10. Mahasiswa Presentasi kepada pembimbing lapangan dalam 2 cara :
    1. Onsite
      Mahasiswa bertemu langsung dan presentasi sepeti biasa. Pembimbing Lapangan melengkapi form Nilai Perusahaan, Mahasiswa melengkapi form Aktivitas Harian dan meminta Tandatangan Pengesahan di Laporan dengan meminta tandatangan dan cap langsung kepada pembimbing Lapangan.
    2. Online
      Mahasiswa presentasi sepeti biasa dengan media video converence menggunakan skype/zoom/dll. Pembimbing lapangan harus mengisi form nilai pembimbing lapangan secara online pada tautan berikut : https://bit.ly/NilaiKPOnlineFIT . Form itu sudah LKM anggap sebagai lembar nilai dan lembar pengesahan pada laporan. Setiap record nilai yang telah di-input oleh pembimbing lapangan terkirim ke email yang pembimbing lapangan input, silahkan forward email tersebut ke email mahasiswa, sebagai syarat mahasiswa presentasi ke dosen pembimbing.Lembar Aktifitas Harian harus dibuat secara biasa, dan meminta tandatangan kepada pembimbing lapangan secara online, misal melalui email dengan mengirim scan kepada beliau dan dikirimkan kembali kepada mahasiswa. Berkas asli Aktifitas harian bisa diberikan kepada LKM lain kali.# yang sudah mengurus dokumennya secara onsite, tidak perlu mengurusnya secara online.
  11. Perusahaan mengeluarkan sertifikat (asli atau e-sertifikat), atau surat (asli atau scan) yang menyatakan mahasiswa telah selesai KP dengan baik.
  12. Perusahaan Mengisi lembar Evaluasi KP mahasiswa pada tautan berikut : http://bit.ly/EvaluasiKuesionerKpFIT
  13. Mahasiswa Presentasi ke dosen pembimbing dengan 2 cara.
    1. Onsite
      Mahasiswa bertemu langsung dan presentasi sepeti biasa. Dosen Pembimbing melengkapi form Nilai Dosen Pembimbing dan Tandatangan Pengesahan di Laporan.
    2. Online
      Mahasiswa presentasi sepeti biasa dengan media video converence menggunakan skype/zoom/dll. Dosen Pembimbing harus mengisi form nilai dosen pembimbing secara online pada tautan berikut : https://bit.ly/NilaiKPDosenOnline. Form itu sudah LKM anggap sebagai lembar nilai dan lembar pengesahan pada laporan.
      Setiap record nilai yang telah di-input oleh dosen pembimbing terkirim ke email yang dosen pembimbing, silahkan forward email tersebut ke email mahasiswa sebagai syarat pengumpulan berkas nilai (opsional) ke LKM.# yang sudah mengurus dokumennya secara onsite, tidak perlu mengurusnya secara online.
  14. Mahasiswa hanya mengumpulkan berkas Akhir KP melalui Google Classroom LKM, dengan kata lain berkas asli akan dikumpulkan pada waktu lain ketika kondisi sudah dianggap aman. Cara pengumpulan berkas Akhir KP ke LKM secara online bisa dibaca tautan berikut :
    http://bit.ly/JoinGoogleClassroomLKM
    http://bit.ly/KumpulBerkasAkhirKpMagangFITBerkas yang dikumpulkan ke dalam google classroom saat kejadian luar biasa (covid-19) minimal ada tiga yang wajib, 2 dihilangkan, 2 (opsional). diantaranya adalah :
    1. Laporan Akhir KP (wajib)
    2. Sertifikat/surat keterangan telah selesai magang (wajib)
    3. Lembar aktivitas harian (wajib)
    4. Lembar pengesahan pembimbing lapangan (di hilangkan, diganti dengan nilai online, jika tidak menggunakan nilai online, wajib menggunakan lembar pengesahan)
    5. Lembar pengesahan dosen pembimbing (di hilangkan, diganti dengan nilai online, jika tidak menggunakan nilai online, wajib menggunakan lembar pengesahan)
    6. Lembar penilaian pembimbing lapangan (opsional, record bisa diminta ke pembimbing lapangan)
    7. Lembar penilaian dosen pembimbing (opsional, record bisa diminta ke dosen pembimbing)

MAGANG ONLINE

Program Magang pada Fakultas Ilmu Terapan masih berjalan dan dibuka, dengan ketentuan perubahan tanggal pelaksanaan sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan Magang secara default adalah 3 Agustus 2020 s.d 4 Desember 2020. Namun sudah bisa dimulai antara tanggal 13 Juli 2020 s.d 18 Desember 2020. Pastikan bahwa Magang anda selama 4 bulan.
  2. Pendaftaran Magang dibuka pada tanggal 6 April 2020 s.d 3 Agustus 2020.
  3. Alur Magang Online ini berlaku untuk mahsiswa yang sedang magang semester ganjil 19-20, genap 19-20, dan ganjil 20-21

DISCALIMER :  Alur Magang Online ini berlaku hanya dalam keadaan mendesak seperti penyebaran virus Covid-19, yang menjadikan layanan onsite sulit dilakukan. Apabila keadaan telah membaik maka aturan Magang Online ini tidak berlaku dan kembali kepada aturan biasa.

Alur MAGANG ONLINE

  1. Mahasiswa menghubungi perusahaan secara tidak langsung atau langsung untuk bertanya mengenai ketersediaan lowongan Magang untuk mahasiswa. Mahasiswa bisa mencari data perusahaan secara online.
  2. Mahasiswa melengkapi form pendaftaran Magang online pada tautan : https://bit.ly/PengajuanPengantarMagangFITTelU , upload CV, transkrip nilai dari igracias (menu KHS>Lihat Nilai>Cetak Nilai Akhir>Tampilkan semua), dan KSM semester berjalan dari igracias (menu Registrasi> Arsip KSM).
  3. Mahasiswa menghubungi dosen wali melalui media penghubung seperti (WA, SMS, email) untuk memberitahu hal hal berikut :
    • Sampaikan salam dan Sebutkan NIM dan NAMA LENGKAP
    • mahasiswa akan Magang di perusahaan X.
    • mahasiswa akan mulai Magang pada tanggal X sampai tanggal X.
    • mahasiswa telah / belum mengambil MK Magang pada semester berjalan atau semester sebelumnya.
    • mahasiswa telah lulus MK KP pada semester X.
  4. Dosen wali cek Transkrip Nilai dan KSM atau segala hal yang terkait persyaratan akademik dan kebijakan prodi sebelum melaksanakan MAGANG agar tidak bentrok dengan perkuliahan, atau kegiatan akademik lainnya. Dosen wali memberitahu status persetujuan kepada mahasiswa bahwa pengajuan Magang mahasiswa tersebut diterima atau ditolak oleh dosen wali.
  5. Dosen wali wajib mengirim email ke LKM
    Email : magang@tass.telkomuniversity.ac.id
    Subjek : KONFIRMASI PENDAFTARAN MAGANG.
    email tersebut menyatakan bahwa pengajuan Magang mahasiswa dengan NIM dan NAMA dan NAMA PERUSAHAAN diterima oleh dosen wali dan bisa LKM proses (bisa konfirmasi banyak mahasiswa dalam satu email, kami sarankan gunakan excel). Proses ini adalah pengganti tandatangan pada form pengajuan surat pengantar ke LKM.
  6. LKM memproses surat pengantar terhitung sejak konfirmasi email dari dosen wali telah terkirim ke email LKM. Surat pengantar yang diajukan setiap hari senin sampai jumat akan dikirimkan ke email mahasiswa terdaftar pada hari Senin minggu depannya.
    Rekap Pengajuan Magang dan Pembimbing Magang bisa dilihat apda tautan berikut : http://bit.ly/RekapPembimbingMagangFIT
  7. Mahasiswa mengirimkan surat pengantar ke perusahaan melalui media pengiriman surat elektronik.
  8. Mahasiswa wajib memberikan surat penerimaan Magang melalui OA LINE LKM (@kjt0595h) atau email LKM. Apabila Perusahaan Menolak, silahkan ulangi proses pengajuan Magang kembali pada poin ke 1. silahkan kembali mengisi form online dan laporkan konfirmasi penolakan sesuai ketentuan dibawah ini kepada dosen wali dan LKM, sehingga dosen wali bisa mengirim persetujuan lagi ke email LKM.
    • Dari situs perusahaan, screenshot dan laporkan ke email LKM atau OA LINE LKM.
    • Dari email perusahaan, silahkan forward email tersebut ke email LKM.
  9. Mahasiswa melaksanakan Magang sesuai kebijakan perusahaan baik datang onsite atau remote (Kerja di Rumah).
  10. Mahasiswa Presentasi kepada pembimbing lapangan dalam 2 cara :
    1. Onsite
      Mahasiswa bertemu langsung dan presentasi sepeti biasa. Pembimbing Lapangan melengkapi form Nilai Perusahaan, Mahasiswa melengkapi form Aktivitas Harian dan meminta Tandatangan Pengesahan di Laporan dengan meminta tandatangan dan cap langsung kepada pembimbing Lapangan.
    2. Online
      Mahasiswa presentasi sepeti biasa dengan media video converence menggunakan skype/zoom/dll. Pembimbing lapangan harus mengisi form nilai pembimbing lapangan secara online pada tautan berikut : https://bit.ly/NilaiMagangOnlineFIT. Form itu sudah LKM anggap sebagai lembar nilai dan lembar pengesahan pada laporan.Setiap record nilai yang telah di-input oleh pembimbing lapangan terkirim ke email yang dosen pembimbing lapangan, silahkan forward email tersebut ke email mahasiswa, sebagai syarat mahasiswa presentasi ke dosen pembimbing.Lembar Aktifitas Harian harus dibuat secara biasa, dan meminta tandatangan kepada pembimbing lapangan secara online, misal melalui email dengan mengirim scan kepada beliau dan dikirimkan kembali kepada mahasiswa. Berkas asli Aktifitas harian bisa diberikan kepada LKM lain kali.# yang sudah mengurus dokumennya secara onsite, tidak perlu mengurusnya secara online.
  11. Perusahaan mengeluarkan sertifikat (asli atau e-sertifikat), atau surat (asli atau scan) yang menyatakan mahasiswa telah selesai Magang dengan baik.
  12. Perusahaan Mengisi lembar Evaluasi Magang mahasiswa pada tautan berikut : http://bit.ly/EvaluasiKuesionerMagangFIT
  13. Mahasiswa Presentasi ke dosen pembimbing dengan 2 cara.
    1. Onsite
      Mahasiswa bertemu langsung dan presentasi sepeti biasa. Dosen pembimbing melengkapi form Nilai Dosen Pembimbing dan Tandatangan Pengesahan di Laporan.
    2. Online
      Mahasiswa presentasi sepeti biasa dengan media video converence menggunakan skype/zoom/dll. Dosen Pembimbing harus mengisi form nilai dosen pembimbing secara online pada tautan berikut : https://bit.ly/NilaiMagangDosenOnline. Form itu sudah LKM anggap sebagai lembar nilai dan lembar pengesahan pada laporan.# yang sudah mengurus dokumennya secara onsite, tidak perlu mengurusnya secara online.
  14. Mahasiswa hanya mengumpulkan berkas Akhir Magang melalui Google Classroom LKM, dengan kata lain berkas asli akan dikumpulkan pada waktu lain ketika kondisi sudah dianggap aman. Cara pengumpulan berkas Akhir Magang ke LKM secara online bisa dibaca tautan berikut :
    http://bit.ly/JoinGoogleClassroomLKM
    http://bit.ly/KumpulBerkasAkhirKpMagangFITBerkas yang dikumpulkan ke dalam google classroom saat kejadian luar biasa (covid-19) minimal ada tiga yang wajib, 2 dihilangkan, 2 (opsional). diantaranya adalah :
    1. Laporan Akhir magang (wajib)
    2. Sertifikat/surat keterangan telah selesai magang (wajib)
    3. Lembar aktivitas harian (wajib)
    4. Lembar pengesahan pembimbing lapangan (di hilangkan, diganti dengan nilai online, jika tidak menggunakan nilai online, wajib menggunakan lembar pengesahan)
    5. Lembar pengesahan dosen pembimbing (di hilangkan, diganti dengan nilai online, jika tidak menggunakan nilai online, wajib menggunakan lembar pengesahan)
    6. Lembar penilaian pembimbing lapangan (opsional, record bisa diminta ke pembimbing lapangan)
    7. Lembar penilaian dosen pembimbing (opsional, record bisa diminta ke dosen pembimbing)