ATURAN MAGANG ONLINE PERIODE GENAP 21-22

ATURAN MAGANG ONLINE PERIODE GENAP 21-22

ATURAN MAGANG ONLINE PERIODE GENAP 2021-2022

Program Magang pada Fakultas Ilmu Terapan Periode Genap 2021-2022 DIBUKA, detail mengenai  Aturan Umum dan Alur Magang Periode Semester Genap Tahun Ajaran 2021-2022 ada di bawah ini.

ATURAN UMUM

  1. Mahasiswa mengambil Mata Kuliah Magang pada semester dimana magang akan dilaksanakan dan laporan akan dikumpulkan, bukan pada semester mendaftar Magang (untuk diketahui : proses pendaftaran Magang dilaksanakan satu semester sebelum Magang dimulai).
  2. Bagi mahasiswa yang mengulang Magang, wajib mengambil kembali Mata Kuliah Magang pada semester dimana Magang akan dilaksanakan dan laporan akan dikumpulkan, bukan pada semester mendaftar Magang.
  3. Pengumpulan nilai Magang dilaksanakan di akhir semester pelaksanaan Magang, sebanyak 2 kali, yakni :
    1. melalui Google Classroom LKM FIT : https://bit.ly/GoogleClassroomGenap21-22, dan
    2. melalui https://igracias.telkomuniversity.ac.id/ . Batas Input nilai magang ke igracias dapat dilihat pada Agenda Magang https://bit.ly/AgendaMagangGenap21-22
  4. Mahasiswa yang mengalami kendala selama pelaksanaan Magang, dan/atau kendala dalam pengumpulan berkas Magang, dapat melapor ke Layanan KP dan Magang (LKM) melalui email magang@tass.telkomuniversity.ac.id atau Official WhatsApp https://wa.me/6285161415115 .

DISCLAIMERAturan Magang Online ini berlaku selama masa pandemik Virus Covid-19. Apabila pandemik selesai, aturan Magang dapat berubah ke aturan semula. Perubahan aturan akan diumumkan kemudian melalui Website LKM FIT http://magang-sas.telkomuniversity.ac.id/, Instagram LKM https://www.instagram.com/magang.fit/, Google Classroom LKM FIT : https://bit.ly/GoogleClassroomGenap21-22.

ALUR MAGANG ONLINE

  1. Mahasiswa Memilih Jenis Magang, jenis magang yang diakui oleh LKM FIT ada 6, detail mengenai magang tersebut bisa dibaca pada tautan https://magang-sas.telkomuniversity.ac.id/jenis-jenis-magang/
    • MAGANG FAKULTAS, yakni magang pada perusahaan yang disediakan oleh LKM FIT (lihat daftar perusahaan di : http://bit.ly/LowonganKPMagangFIT);
    • MAGANG MANDIRI, yakni magang pada perusahaan di luar yang disediakan oleh LKM FIT;
    • MAGANG STARTUP, yakni magang pada StartUp yang dikelola Inkubator atau Pengelola StartUp di Universitas Telkom;
    • MAGANG KERJA, yakni mahasiswa yang telah bekerja diakui pengalaman kerjanya sebagai kegiatan Magang;
    • MAGANG MBKM, yakni program magang yang diatur dan dilaksanakan oleh Kemendikbud guna mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Informasi selanjutnya mengenai program magang MBKM dan lowongan Magang MBKM dapat dilihat di https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/magang; atau di https://ppdu-internship.telkomuniversity.ac.id/
    • MAGANG UMKM, yakni magang pada UMKM yang menjadi mitra FIT. Ruang lingkup magang adalah pembuatan konten digital untuk pemasaran dan pengelolaan media sosial guna perluasan pelanggan dan peningkatan bisnis UMKM. Magang UMKM hanya tersedia untuk prodi D3 Manajemen Pemasaran.
  2. Mahasiswa Mendaftar Magang ke LKM dengan mengisi form pada tautan berikut (akses dengan email student) : https://tel-u.ac.id/pendaftaranmagangfit. Berkas yang perlu diunggah adalah :
    • Curicullum Vitae terbaru, template CV dapat diunduh di : http://tel-u.ac.id/dokumenmagangfit.
    • Transkrip Nilai, pada igracias pilih menu KHS>Lihat Nilai>Cetak Nilai Akhir>Tampilkan semua.
    • Kartu Studi Mahasiswa semester berjalan, pada igracias pilih menu Registrasi>Arsip KSM.
  3. Mahasiswa Menyampaikan Rencana Magang ke Dosen Wali melalui email dengan format di bawah ini (format dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing) :

Salam, [sesuaikan ucapan salam],

Saya adalah mahasiswa wali Bapak/Ibu yang bernama [nama lengkap] dan NIM [NIM anda] hendak menginfokan bahwa saya akan melaksanakan magang di perusahaan [nama perusahaan], [alamat perusahaan] dari tanggal [tanggal mulai] sampai [tanggal selesai]. Saat ini saya [pilih salah satu : pernah atau belum pernah] mengambil mata kuliah Magang pada semester berjalan atau semester sebelumnya.

Dengan rencana magang saya tersebut, apakah Bapak/Ibu menyetujui? Apabila menyetujui, mohon agar Bapak/Ibu dapat memberi pemberitahuan kepada saya dengan me-reply email ini. Selain itu Bapak/Ibu dimohon mengirim konfirmasi persetujuan ke LKM melalui tautan: https://tel-u.ac.id/persetujuandosenwali (akses menggunakan email @tass.).

Apabila tidak menyetujui, mohon memberi pemberitahuan kepada saya dengan me-reply email ini.

Atas Perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima Kasih.

  1. Dosen Wali Memeriksa Transkrip Nilai dan KSM, serta segala hal yang terkait persyaratan akademik dan kebijakan prodi. Hal ini agar menghindari kendala yang mungkin dihadapi oleh mahasiswa. Dosen wali memberitahu persetujuan kepada mahasiswa, bahwa pengajuan magang diterima atau ditolak.
  2. Dosen Wali Mengirim Konfirmasi Persetujuan Magang ke LKM, melalui tautan di bawah ini :
    https://tel-u.ac.id/persetujuandosenwali (akses menggunakan email @tass.). Pada form tersebut dosen bisa mengirimkan konfirmasi persetujuan mahasiswa satu demi satu, atau dalam jumlah banyak. Adapun Template excel pengajuan dalam jumlah banyak bisa diunduh pada tautan : Template Konfirmasi Persetujuan Dosen Wali 
  3. Mahasiswa Mengkuti Kuis “KEPO MAGANG FIT” yang ada pada Google Classroom periode Genap 21-22 https://bit.ly/GoogleClassroomGenap21-22 Sebagai syarat LKM membuat Surat Pengantar Magang. Kuis Akan dibuka pada tanggal 20 Oktober 2021 pukul 12.00 WIB. 
  4. LKM Membuat Surat Pengantar Magang, surat pengantar dibuat berdasarkan persetujuan magang dari dosen wali dan mahasiswa harus sudah mengikuti kuis “KEPO MAGANG FIT”. Surat pengantar dibuat setiap hari Senin dan Rabu, lalu surat tersebut dikirim ke email mahasiswa. Apabila mahasiswa belum menerima Surat Pengantar dalam waktu 7 hari (sejak Dosen Wali Mengirim Konfirmasi), silakan bertanya ke LKM ke email : magang@tass.telkomuniversity.ac.id atau pesan WA https://wa.me/6285161415115 .
    Rekap Pengajuan Magang dan Pembimbing Magang bisa dilihat pada tautan berikut : http://bit.ly/RekapPembimbingMagangFIT.
  5. Mahasiswa Mengirim Surat Pengantar ke Perusahaan melalui email perusahaan atau diantar langsung.
  6. Mahasiswa Mengirim Status Penerimaan atau Penolakan dari Perusahaan, melalui tautan: https://tel-u.ac.id/konfirmasipenerimaanmagang.
    • Kondisi penerimaan dan penolakan dari perusahaan
      • Apabila perusahaan menerima pengajuan magang, setelah mengisi form (tautan di atas) maka mahasiswa dapat melanjutkan kegiatan magang. Bukti Penerimaan dari perusahaan agar dikirimkan ke email dosen wali sebagai informasi.
      • Apabila perusahaan menolak, setelah mengisi form (tautan di atas) maka mahasiswa harus mengulang proses pengajuan Magang mulai dari tahap ke-1 (memilih jenis magang). Bukti Penolakan dari perusahaan agar dikirimkan ke email dosen wali, sehingga dosen wali dapat mengirim konfirmasi persetujuan magang berikutnya.
      • Apabila mahasiswa mengundurkan diri atau dipulangkan dari perusahaan, setelah mengisi form (tautan di atas) maka mahasiswa harus mengulangi proses pengajuan Magang mulai dari tahap ke-1 (memilih jenis magang). Bukti Persetujuan Undur Diri / Dipulangkan dari perusahaan agar dikirimkan ke email dosen wali, sehingga dosen wali dapat mengirim konfirmasi persetujuan magang berikutnya.
    • Bukti Penerimaan / Penolakan / Undur Diri dari perusahaan harus berbentuk tertulis yang diperoleh dari sumber-sumber berikut (pilih 1 sumber saja) :
      • Situs Web perusahaan, cetak bentuk pdf ; atau
      • Email perusahaan, cetak bentuk pdf ; atau
      • Aplikasi perusahaan, screenshot bentuk jpg/png.
  7. Mahasiswa melaksanakan Magang sesuai ketentuan perusahaan, baik onsite atau online (remote atau bekerja di rumah). Selama magang berlangsung mahasiswa melengkapi lembar aktivitas harian magang https://tel-u.ac.id/lembaraktivitasmagang-fit dan membuat laporan https://tel-u.ac.id/laporanmagang-fit.
  8. Mahasiswa Presentasi kepada Pembimbing Lapangan, dapat dilakukan dengan 2 cara (pilih 1 cara sesuai kesepakatan dengan pembimbing lapangan) :
    • Onsite
      • Mahasiswa presentasi secara tatap muka (langsung);
      • Pembimbing Lapangan mengisi dokumen Nilai Magang https://tel-u.ac.id/nilai-magangfit dan membubuhkan tanda-tangan dan cap;
      • Pembimbing Lapangan membubuhkan tanda-tangan dan cap perusahaan pada Lembar Pengesahan Magang dan lembar aktivitas harian magang.
    •  Online
      • Mahasiswa presentasi secara online melalui aplikasi online meeting, seperti Google Meet, Zoom, Skype;
      • Pembimbing Lapangan mengisi formulir online Nilai Magang pada tautan : https://tel-u.ac.id/nilai-magangonlinefit
      • Pembimbing Lapangan membubuhkan tanda-tangan dan cap perusahaan pada Lembar Pengesahan Magang dan lembar aktivitas harian magang.
    • Catatan :
      • [Onsite] Tanda tangan pembimbing lapangan pada dokumen Nilai Magang dapat berupa tanda-tangan digital atau tandatangan basah (asli).
      • [Online] Nilai Magang yang telah diisi ke formulir online dengan tautan https://tel-u.ac.id/nilai-magangonlinefit oleh pembimbing lapangan, akan terkirim otomatis ke email pembimbing lapangan. Mahasiswa dapat meminta forward email tersebut apabila diperlukan.
      • [Onsite, Online] Lembar Pengesahan dan Lembar Aktivitas Harian dapat ditanda-tangani secara digital oleh pembimbing lapangan. Cara meminta tanda-tangan digital : mahasiswa mengirim dokumen Ms Word atau PDF ke pembimbing lapangan, setelah dibubuhi tanda-tangan digital, dokumen tersebut dikirim kembali dari pembimbing ke mahasiswa.
      • Apabila sudah mengurus dokumen Nilai Magang secara onsite, tidak perlu input nilai magang ke formulir online atau sebaliknya.
  9. Perusahaan mengeluarkan Sertifikat (asli atau e-sertifikat), atau surat (asli atau scan) yang menyatakan mahasiswa telah menyelesaikan Magang dengan baik.
  10. Mahasiswa membuat Dokumen Perjanjian Perlaksanaan (IA) https://tel-u.ac.id/iamagang-fit , dalam pengisian berkas ini harap berkomunikasi dengan Tim LKM via Whatsapp atau email agar tidak ada kesalahan pengisian sebelum ditandatangan oleh pihak perusahaan dan untuk pemberian nomor dari pihak kampus. Ada dua template yang disediakan, mohon disesuaikan dengan jumlah mahasiswa magang di perusahaan tersebut. Untuk satu perusahaan cukup satu berkas IA.
  11. Mahasiswa Presentasi ke Dosen Pembimbing Akademik, dapat dilakukan dengan 2 cara (pilih 1 cara sesuai kesepakatan dengan pembimbing akademik) :
    • Onsite
      • Mahasiswa presentasi secara tatap muka (langsung);
      • Pembimbing Akademik mengisi Dokumen Lembar Penilaian Akhir Magang https://tel-u.ac.id/nilai-dosenfit dan membubuhkan tanda-tangan. Lembar Penilaian Magang mencantumkan akumulasi nilai pembimbing lapangan dan akademik;
      • Pembimbing Lapangan membubuhkan tanda-tangan pada Lembar Pengesahan Magang;
    •  Online
      • Mahasiswa presentasi secara online melalui aplikasi online meeting, seperti Google Meet, Zoom, Skype;
      • Pembimbing Lapangan membuat Lembar Penilaian Akhir Magang yang merupakan akumulasi nilai pembimbing lapangan dan akademik. Nilai tersebut di-upload ke tautan : https://tel-u.ac.id/nilai-onlinedosenfit serta mengirim juga ke mahasiswa ybs.
      • Pembimbing Akademik membubuhkan tanda-tangan pada Lembar Pengesahan Magang;
    • Catatan :
      • LKM memegang record nilai online dosen, tidak perlu meminta bukti input nilai online dari dosen.
      • [Onsite, Online] Lembar Pengesahan Magang dapat ditanda-tangani secara digital oleh dosen pembimbing. Cara meminta tanda-tangan digital : mahasiswa mengirim dokumen PDF ke pembimbing, setelah dibubuhi tanda-tangan digital, dokumen tersebut dikirim kembali dari pembimbing ke mahasiswa.
      • Mahasiswa dapat meminta file Lembar Penilaian Akhir Magang ke dosen pembimbing akademik, apabila diperlukan.
  12. Mahasiswa Mengumpulkan Berkas Akhir Magang melalui Google Classroom LKM FIT : https://bit.ly/GoogleClassroomGenap21-22. Cara Join Google Classroom tertera pada tautan : http://bit.ly/JoinGoogleClassroomLKM. Kumpulkan Berkas dengan cara yang tertera pada tautan : http://bit.ly/KumpulBerkasAkhirKpMagangFIT. Berkas yang dikumpulkan ke dalam Google Classroom, ada 5 (bersifat wajib) dan 2 (bersifat opsional), yakni :
    1. Laporan Akhir magang (wajib).
    2. Lembar pengesahan pembimbing lapangan (wajib), tempatkan di pengesahan laporan magang.
    3. Lembar pengesahan dosen pembimbing akademik (wajib), tempatkan di pengesahan laporan magang.
    4. Lembar aktivitas harian (wajib), tempatkan di lampiran laporan magang.
    5. Sertifikat/surat keterangan telah selesai magang (wajib), file pdf terpisah.
    6. Lembar penilaian pembimbing lapangan (opsional), jika dinilai online maka tidak dikumpulkan, namun jika dinilai langsung wajib dikumpulkan.
    7. Lembar penilaian dosen pembimbing akademik (opsional), jika dinilai online maka tidak dikumpulkan, namun jika dinilai langsung wajib dikumpulkan.
    8. Dokumen Perjanjian Perlaksanaan (IA) yang sudah dikomunikasi ke tim LKM dan sudah ditandatangan perusahaan
  13. LKM Memeriksa Kelengkapan Berkas, dan akan memberikan Keterangan Pengumpulan Pada Comment Di Google Classrooom sebagai berikut :
    • BELUM LENGKAP (revisi), artinya ada berkas yang kurang lengkap, mahasiswa diharuskan memperbaiki sesuai dengan keterangan revisi yang tertera pada kolom komentar.
    • LENGKAP, artinya seluruh berkas sudah lengkap dan tinggal menunggu nilai di igracias. LKM akan input nilai di google classroom dan resubmit berkas sebagai tanda bahwa sudah LENGKAP dan DINILAI, mahasiswa tidak diperkenankan resubmit berkas.
    • LENGKAP TERLAMBAT, artinya seluruh berkas sudah lengkap dan tinggal menunggu nilai di igracias. LKM akan input nilai di google classroom dan resubmit berkas sebagai tanda bahwa sudah LENGKAP dan DINILAI, mahasiswa tidak diperkenankan resubmit berkas. namun karena pengumpulan berkasnya diluar masa pengumpulan berkas, maka sebagai sanksi keterlambatan nilai yang diupload di google classroom dan igracias dikurangi 20 poin.