ATURAN DAN ALUR MAGANG FIT

ATURAN DAN ALUR MAGANG FIT

 

ATURAN UMUM

 

  1. Mahasiswa mengambil Mata Kuliah Magang pada semester dimana magang akan dilaksanakan dan laporan akan dikumpulkan, bukan pada semester mendaftar Magang (untuk diketahui : proses pendaftaran Magang dilaksanakan satu semester sebelum Magang dimulai).
  2. Untuk mahasiswa yang tertarik mengikuti Magang 2 Semester, maka pendaftaran dilakukan di Semester Ganjil Tingkat Akhir.
  3. Durasi Magang 1 Semester adalah 4-6 bulan, sedangkan durasi Magang 2 Semester adalah 9-12 bulan.
  4. Bagi mahasiswa yang mengulang Magang, wajib mengambil kembali Mata Kuliah Magang pada semester dimana Magang akan dilaksanakan dan laporan akan dikumpulkan, bukan pada semester mendaftar Magang.
  5. Pengumpulan nilai Magang dilaksanakan di akhir semester pelaksanaan Magang, sebanyak 2 kali, yakni :
    1. Melalui Ms Teams LKM FIT , dan
    2. Melalui https://igracias.telkomuniversity.ac.id/ . Batas Input nilai magang ke igracias dapat dilihat pada Agenda Magang

Mahasiswa yang mengalami kendala selama pelaksanaan Magang, dan/atau kendala dalam pengumpulan berkas Magang, dapat melapor ke Layanan Kerjasama dan Magang (LKM) melalui email [email protected] atau Official WhatsApp https://wa.me/6285161415115 .

DISCLAIMER :  Perubahan aturan akan diumumkan kemudian melalui :

 

 

 

ALUR MAGANG

  DAFTAR MAGANG

 

  1. Mahasiswa Memilih Jenis Magang, jenis magang yang diakui oleh LKM FIT ada 5 jenis, detail mengenai magang tersebut bisa dibaca pada tautan https://magang-sas.telkomuniversity.ac.id/jenis-jenis-magang/
  2. Mahasiswa Mendaftar Magang ke LKM dengan mengisi form pada tautan berikut (akses dengan email student) : https://tel-u.ac.id/pendaftaranmagangfit. Berkas yang perlu diunggah adalah :
    • Curiculum Vitae terbaru, contoh template CV dapat diunduh di : https://tel-u.ac.id/dokumenmagangfit.
    • Transkrip Nilai, pada igracias pilih menu KHS>Lihat Nilai>Cetak Nilai Akhir>Tampilkan semua.

Mahasiswa Menyampaikan Rencana Magang ke Dosen Wali melalui email atau langsung menghubungi beliau via WA dengan contoh format seperti di bawah ini (format dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing):

 


 

Salam, [sesuaikan ucapan salam],

Saya adalah mahasiswa wali Bapak/Ibu yang bernama [nama lengkap] dan NIM [NIM anda] hendak menginfokan bahwa saya akan melaksanakan magang di perusahaan [nama perusahaan], [alamat perusahaan] dari tanggal [tanggal mulai] sampai [tanggal selesai]. Saat ini saya [pilih salah satu : pernah atau belum pernah] mengambil mata kuliah Magang pada semester berjalan atau semester sebelumnya.

Dengan rencana magang saya tersebut, apakah Bapak/Ibu menyetujui? Apabila menyetujui, mohon agar Bapak/Ibu dapat memberi pemberitahuan kepada saya dengan me-reply email ini. Selain itu Bapak/Ibu dimohon mengirim konfirmasi persetujuan ke LKM melalui tautan: https://tel-u.ac.id/persetujuandosenwali (akses menggunakan email @tass.).

Apabila tidak menyetujui, mohon memberi pemberitahuan kepada saya dengan me-reply email ini.

Atas Perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima Kasih.

 


 

  1. Dosen Wali Memeriksa Transkrip Nilai, serta segala hal yang terkait persyaratan akademik dan kebijakan prodi. Hal ini agar menghindari kendala yang mungkin dihadapi oleh mahasiswa. Dosen wali memberitahu persetujuan kepada mahasiswa, bahwa pengajuan magang diterima atau ditolak.
  2. Dosen Wali Mengirim Konfirmasi Persetujuan Magang ke LKM, melalui tautan di bawah ini : https://tel-u.ac.id/sheetkonfirmasidoswal (akses menggunakan email @tass.). Pada form tersebut dosen bisa mengirimkan konfirmasi persetujuan mahasiswa satu demi satu, atau dalam jumlah banyak.

LKM Membuat Surat Pengantar Magang, surat pengantar dibuat berdasarkan persetujuan magang dari dosen wali. Surat pengantar dibuat setiap hari Senin dan Rabu, selanjutnya surat akan dikirim ke email mahasiswa. Apabila mahasiswa belum menerima Surat Pengantar dalam waktu 7 hari (sejak Dosen Wali memberikan konfirmasi persetujuan), silakan bertanya ke LKM ke email : [email protected] atau pesan WA https://wa.me/6285161415115 . Rekap Pengajuan Magang dapat dicek pada menu Check SPM Check SPM dan Pembimbing Magang bisa dilihat pada tautan berikut : https://tel-u.ac.id/rekap-pbbmagangfit.

  KONFIRMASI PENERIMAAN MAGANG

 

  1. Mahasiswa Mengirim Surat Pengantar ke Perusahaan melalui email perusahaan atau diantar langsung.
  2. Mahasiswa Mengirim Status Penerimaan atau Penolakan dari Perusahaan, melalui tautan: https://tel-u.ac.id/konfirmasipenerimaanmagang.

 

  • Kondisi penerimaan dan penolakan dari perusahaan
    • Apabila perusahaan menerima pengajuan magang, setelah mengisi form (tautan di atas) maka mahasiswa dapat melanjutkan kegiatan magang.
    • Apabila perusahaan menolak, setelah mengisi form (tautan di atas) maka mahasiswa harus mengulang proses pengajuan Magang mulai dari tahap ke-1 (memilih jenis magang).
    • Apabila mahasiswa mengundurkan diri atau dipulangkan dari perusahaan, setelah mengisi form (tautan di atas) maka mahasiswa harus mengulangi proses pengajuan Magang mulai dari tahap ke-1 (memilih jenis magang).
  • Setiap kondisi penerimaan dan penolakan harap untuk mengirimkan bukti nya ke dosen wali, terutama jika mendapat penolakan, undur diri, atau dipulangkan. Sehingga dosen wali dapat mengirim persetujuan magang berikutnya.
  • Bukti Penerimaan / Penolakan / Undur Diri dari perusahaan harus berbentuk tertulis yang diperoleh dari sumber-sumber berikut (pilih 1 sumber saja) :
    • Situs Web perusahaan, cetak bentuk pdf ; atau
    • Email perusahaan, cetak bentuk pdf ; atau
    • Aplikasi perusahaan, screenshot bentuk jpg/png.

 PELAKSANAAN MAGANG

 

Mahasiswa melaksanakan Magang sesuai ketentuan perusahaan, baik onsite atau online (remote atau bekerja di rumah). Selama magang berlangsung mahasiswa :

 

  1. Berperilaku baik dan professional dalam bekerja, juga memberikan perfomansi terbaik.
  2. Mengikuti aturan dan kebijakan yang berlaku di perusahaan tempat magang.
  3. Melakukan proses bimbingan dengan dosen pembimbing akademik selama pelaksanaan magang.
  4. Melengkapi lembar aktivitas harian magang https://tel-u.ac.id/lembaraktivitasmagang-fit
  5. Membuat Laporan Magang https://tel-u.ac.id/laporanmagang-fit.
  6. Ada satu berkas lagi yang perlu untuk dibuat yaitu Dokumen Implementasi Kegiatan (IA) https://tel-u.ac.id/iamagang-fit , pengisian berkas cukup mengganti bagian yang sudah diberi tanda kuning jangan sampai ada kesalahan pengisian sebelum ditandatangan oleh pihak perusahaan dan untuk pemberian nomor dari pihak kampus. Ada dua template yang disediakan, mohon disesuaikan dengan jumlah mahasiswa magang di perusahaan tersebut. Untuk satu perusahaan cukup satu berkas IA.
  7. Di akhir masa pelaksanaan Magang, mahasiswa mengajukan permohonan nilai dari pembimbing lapangan dengan menyerahkan Form Penilaian Pembimbing Lapangan (FPPL) lengkap dengan panduan penilaiannya.
  8. Masing-masing berkas sudah dilengkapi dengan petunjuk pengerjaan dan pengisian, jadi silahkan untuk dikerjakan sesuai instruksi.
  9. Jika terjadi insiden, kecelakaan, sakit selama pelaksanaan magang, maka silahkan menggunakan fasilitas TelkoMedika mahasiswa dan mengunjungi klinik TelkomMedika terdekat.
  10. Jika terjadi hal di luar prosedur pelaksanaan Magang secara normal keputusan akan diumumkan segera melalui layanan informasi LKM.
  11. Jangan lupa selama melaksanakan magang agar mengedepankan sikap dan etos kerja yang baik, juga aktif dan berinisiatif.

 PRESENTASI DAN PENILAIAN MAGANG

 

  1. Mahasiswa Presentasi kepada Pembimbing Lapangan, dapat dilakukan dengan 2 cara (pilih 1 cara sesuai kesepakatan dengan pembimbing lapangan) :

  • Onsite
    • Mahasiswa presentasi secara tatap muka (langsung);
    • Pembimbing Lapangan mengisi formulir online Nilai Magang pada tautan : https://tel-u.ac.id/nilai-magangonlinefit;
    • Pembimbing Lapangan membubuhkan tanda-tangan dan cap perusahaan pada Lembar Pengesahan Magang, lembar aktivitas harian magang, dan Dokumen Implementasi Kegiatan (IA).
  •  Online
    • Mahasiswa presentasi secara online melalui aplikasi online meeting, seperti Google Meet, Zoom, Skype;
    • Pembimbing Lapangan mengisi formulir online Nilai Magang pada tautan : https://tel-u.ac.id/nilai-magangonlinefit
    • Pembimbing Lapangan membubuhkan tanda-tangan dan cap perusahaan pada Lembar Pengesahan Magang, lembar aktivitas harian magang, dan Dokumen Implementasi Kegiatan (IA).
  • Catatan :
    • [Online] Nilai Magang yang telah diisi ke formulir online dengan tautan https://tel-u.ac.id/nilai-magangonlinefit oleh pembimbing lapangan, akan terkirim otomatis ke email pembimbing lapangan.
    • Lembar Pengesahan, Lembar Aktivitas Harian, dan Dokumen Implementasi Kegiatan (IA) dapat ditandatangani secara digital oleh pembimbing lapangan.
    • Cara meminta tanda-tangan digital : mahasiswa mengirim dokumen Ms Word atau PDF ke pembimbing lapangan, setelah dibubuhi tanda-tangan digital, dokumen tersebut dikirim kembali dari pembimbing ke mahasiswa.

 

  1. Perusahaan mengeluarkan Sertifikat (asli atau e-sertifikat), atau surat (asli atau scan) yang menyatakan mahasiswa telah menyelesaikan Magang dengan baik.
  2. Mahasiswa Presentasi ke Dosen Pembimbing Akademik, dapat dilakukan dengan 2 cara (pilih 1 cara sesuai kesepakatan dengan pembimbing akademik) :

  • Onsite
    • Mahasiswa presentasi secara tatap muka (langsung);
    • Pembimbing Akademik memberikan nilai ke tautan : https://tel-u.ac.id/nilai-onlinedosenfit.;
    • Pembimbing Akademik membubuhkan tanda-tangan pada Lembar Pengesahan Magang;
  •  Online
    • Mahasiswa presentasi secara online melalui aplikasi online meeting, seperti Google Meet, Zoom, Skype;
    • Pembimbing Akademik memberikan nilai ke tautan : https://tel-u.ac.id/nilai-onlinedosenfit.
    • Pembimbing Akademik membubuhkan tanda-tangan pada Lembar Pengesahan Magang;
  • Catatan :
    • LKM memegang record nilai online dosen, tidak perlu meminta bukti input nilai online dari dosen.
    • Lembar Pengesahan Magang dapat ditandatangani secara digital oleh dosen pembimbing.
    • Cara meminta tanda-tangan digital : mahasiswa mengirim dokumen PDF ke pembimbing, setelah dibubuhi tanda-tangan digital, dokumen tersebut dikirim kembali dari pembimbing ke mahasiswa.

 PENGUMPULAN BERKAS AKHIR MAGANG

 

  1. Mahasiswa Mengumpulkan Berkas Akhir Magang melalui Ms Teams LKM FIT Cek Teams  Berkas yang dikumpulkan ke dalam Ms Teams diantaranya :

  • Laporan Akhir magang.
    • Lembar pengesahan pembimbing lapangan, tempatkan di pengesahan laporan magang.
    • Lembar pengesahan dosen pembimbing akademik, tempatkan di pengesahan laporan magang.
  • Lembar aktivitas harian, tempatkan di lampiran laporan magang.
  • Lembar penilaian pembimbing lapangan, jika dinilai online maka tidak dikumpulkan, namun jika dinilai langsung (menggunakan template form) wajib dikumpulkan, tempatkan di lampiran laporan magang.
  • Lembar penilaian dosen pembimbing akademik, jika dinilai online maka tidak dikumpulkan, namun jika dinilai langsung (menggunakan template form) wajib dikumpulkan, tempatkan di lampiran laporan magang.
  • Dokumen Implementasi Kegiatan (IA) yang sudah ditandatangan perusahaan

 

  1. LKM Memeriksa Kelengkapan Berkas, dan akan memberikan Keterangan Pengumpulan Pada Comment Di Google Classroom sebagai berikut :

  • BELUM LENGKAP (revisi), artinya ada berkas yang kurang lengkap, mahasiswa diharuskan memperbaiki sesuai dengan keterangan revisi yang tertera pada kolom komentar.
  • LENGKAP, artinya seluruh berkas sudah lengkap dan tinggal menunggu nilai di igracias. LKM akan input nilai di google classroom.
  • LENGKAP TERLAMBAT, artinya seluruh berkas sudah lengkap dan tinggal menunggu nilai di igracias. LKM akan input nilai di google classroom, namun karena pengumpulan berkasnya diluar masa pengumpulan berkas, maka sebagai sanksi keterlambatan nilai yang diupload di google classroom dan igracias dikurangi 20 poin.

Mahasiswa tidak diperkenankan resubmit berkas kecuali jika ada revisi dari LKM FIT